WARNING! #SindiranKeras #BuatYangBaperan #JanganMarah 

Nih, aku enggak tau mau tulis apaan, karen aku juga lagi bingung mau tulis apa.

Jadi, aku sengaj aenggak kasih judul, buar kalian sendiri yang isi sendiri.

Sebenarnya, aku mulai mikir, apa gunanya blog ini yak? Diary umum? Tempat numpang cerita?

Well, karena sejak awal tujuan ane buat blog ini adalah untuk berbagai ide dan cerita dengan orang diluar sana, walau aku tahu dia enggak bakalan baca ini.

Nah.

Aku mau kalian bisa melihat lewat sisiku.

Tak mungkin ada yang namanya manusia yang tak punya musuh. Begitu pula aku. Tapi banyak pula orang yang tak mempunyai telinga. Tak mau saling mendengarkan ucapan satu sama lain. Aku ingin agar menyadarkan orang-orang bahwa belum tentu orang yang kau musuhi ada di pihak yang salah.

Toleransi.

Tau toleransi kan? Toleransi adalah membiarkan orang lain berpendapat lain,melakukan hal yang tidak sependapat dengan kita, tanpa kita ganggu ataupun intimidasi.

Aku tahu itu karena aku adalah orang yang,... well,... bisa dibilang korban bully. Sebel sih, diganggu tiap hari, tapi aku sadar. Mereka membully aku karena mereka suka ganggu aku. Karena aku punya kekurangan, yang membuat mereka mengejekku. Dan aku berterima kasih. Berkat para Bullier itu, aku mencoba berubah menjadi yang lebih baik lagi.

Sekarang, alhamdulillah udah berkurang. Udah enggak se'panas' dulu. Kenapa?

Karena aku toleransi dengan mereka. Bahasa kita, maklumin.

Nih, aku mau tanya ke kalian.

Punya musuh? Atau teman yang enggak disukai? Kenapa kamu enggak suka sama mereka?

Lalu,

Pernah ga kalian lihat lewat sisi mereka? Siapa tahu, orang yang enggak kamu sukai itu ternyata sedang melakukan sesuatu untuk kebaikkanmu? atau mungkin,... kebaikan orang lain? Plis deh, jangan baperan. Jangan bales-balesan. Kayak bocah tau ga.

Diejekin, baper, bales
Dijauhin, baper, bales
Dijudesin, baper, bales

Kalian itu kayak bikin rantai bales dendam yang enggak bakalan berujung. Mulai mengikhlaskan, Mulai toleransi.  Jangan baperan. Jangan dendaman.

Selamat Hari Toleransi Sedunia. #16November #InternationalToleranceDay #NoRevengeNoBully

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lirik Lagu 'Hitorinbo Envy' - Hatsune Miku